Skip to main content

Bahan Partisi Ruangan Murah

Dana Renovasi Terbatas? Ini 4 bahan Partisi Ruangan Murah Yang Bisa Anda Pilih.

Jika Anda berencana melakukan renovasi rumah Anda untuk menambahkan ruang pada bangunan yang telah ada, ada banyak bahan partisi ruangan murah yang bisa Anda pilih dan manfaatkan dibanding membuat pembatas permanen. Partisi ruangan yang sifatnya temporer dapat dibuat lebih cepat, menghemat biaya, serta dapat Anda ganti atau bongkar sewaktu-waktu Anda butuhkan.  Hal-hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan Anda ketika merencanakan pembuatan partisi  untuk membagi ruangan tertentu.

Berikut ini 4 bahan yang bisa Anda jadikan alternatif pembuatan partisi ruangan dengan harga yang terjangkau :

1. Dahan Pohon
Dahan-dahan pohon yang sudah mengering bisa Anda jadikan solusi penyekat ruangan yang menarik. Untuk membuat partisi ruangan dari dahan pohon ini Anda cukup menyiapkan beberapa dahan atau batang pohon kering yang memiliki diameter yang hampir sama, serta panjang yang sebisa mungkin sama. Untuk pondasi, Anda bisa membuat semacam pot memanjang sebagai tempat menanam dahan-dahan tersebut. Jika ingin lebih awet, Anda bisa mengecat dahan tersebut dengan pewarna natural agar kesan alaminya tidak hilang.

2. PVC dan Kotak Kayu
PVC dan kotak kayu bisa menjadi kombinasi yang menarik untuk dijadikan partisi ruangan yang memiliki kesan modern dan multifungsi. Anda bisa menyusun beberapa pipa PVC pada dasar semen atau kayu sepanjang partisi yang ingin dibuat. Selanjutnya, siapkan beberapa kotak kayu yang dilubangi bagian atas dan bawahnya sesuai jumlah pipa pvc yang akan menembusnya. Letakan kotak kayu pada beberapa bagian pipa, dan kencangkan dengan klem atau baut. Perpaduan ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai rak penyimpanan sekaligus hiasan yang menarik.

3. Panel Papan Kayu
Panel papan kayu ternyata dapat pula dijadikan bahan partisi ruangan murah. Harga panel kayu ini juga cukup terjangkau, dan Anda bisa membelinya dalam berbagi ukuran ketebalan.  Susunlah 2-3 panel secara vertikal sesuai tinggi yang Anda inginkan. Agar terlihat lebih rapi, usahakan untuk menghaluskan seluruh permukaan panel kayu. Anda juga bisa melapisinya terlebih dahulu dengan cat natural atau vernis. Untuk mengubungkan antar panel, Anda bisa memanfaatkan engsel yang dipasang terbalik atau sambungan lainnya. Papan panel ini juga dapat Anda fungsikan untuk memajang hiasan dinding seperti foto atau lukisan.

4. Tirai Pembatas
Jika Anda menginginkan partisi yang mudah dipasang dan dipindahkan, maka Anda bisa melirik pada tirai pembatas ruangan minimalis. Ada banyak jenis kain atau bahan tirai yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya rumah Anda, mulai dari yang polos hingga bertekstur dan bergambar.  Pemasangan tirai pembatas ruangan juga cukup mudah, yakni dengan memasang rel dari pipa besi di bagian atas ruangan yang ingin di sekat.


Baca juga : Tirai Pembatas Ruangan Khusus Untuk Masjid dan Mushola.

Mudah dan menarik bukan? Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menambahkan partisi ruangan di rumah Anda. Dengan bahan partisi ruangan murah di atas, Anda bisa berkreasi sesuai selera Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar