Skip to main content

Mengapa Harus Menggunakan Handrail Kloset Stainless? Ini Dia Alasannya

Jika diperhatikan dengan seksama, bisa dipastikan bahwa semua handrail kloset itu selalu terbuat dari bahan logam stainless dan menggunakan sistem las dalam pembuatannya. Mengapa hal ini bisa terjadi disemua tempat? Salah satu alasannya adalah, material logam stainless dianggap lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan bahan untuk membuat handrail kloset lainnya, misalnya kayu atau besi.

Apabila menggunakan kayu, tentu saja bahan ini akan menjadi lebih cepat lapuk dan rusak karena sering terkena cipratan dan siraman air. Kayu sangat tidak cocok dipakai untuk membuat pegangan tangan di kloset karena memiliki sifat tidak tahan air.

Logam yang dipakai untuk membuat pegangan tangan di kloset tersebut juga bukan merupakan logam biasa. Pada umumnya dipilih dari bahan logam yang sifatnya anti karat. Misalnya stainless steel yang selama ini memang paling sering dipakai untuk membuat handrail kloset. Selain tidak memiliki sifat karat, material ini juga sangat mudah dirawat dan dibersihkan. Selain itu juga jarang menimbulkan kesulitan bagi orang-orang yang menggunakannya. Khususnya untuk mereka yang usianya sudah lanjut atau memiliki gangguan maupun kelainan pada fisiknya.


Material logam yang dipakai pada pembuatan handrail kloset ini biasanya menggunakan sistem sambungan secara las. Sekrup atau mur jarang digunakan, kecuali untuk pemasangannya pada dinding atau lantai, tempat dimana pegangan tangan kloset tersebut akan dipasang. Tujuan utama penerapan sistem ini juga berhubungan erat dengan masalah kenyamanan dan keamanan para pemakainya.

Sebagai mana diketahui, bagian dari ujung skrup tersebut selalu bersifat tajam. Apabila terlepas, tak hanya menimbulkan resiko jatuh penggunanya saja. Lebih dari itu tangan atau kaki dapat terluka karena tertusuk oleh ujung skrup tersebut. Karena itulah penyambungannya selalu memakai sistem las.
Alasan berikutnya, bahan logam itu sangat kuat dan kokoh menahan beban serta tidak mudah patah seperti kayu. Meski orang yang memakainya memiliki bobot tubuh yang berat, pegangan tangan kloset dari logam tetap kuat menahannya.

Itulah sekelumit penjelasan singkat tentang alasan utama pemakaian bahan logam untuk membuat handrail kloset atau pegangan tangan kloset. Karena itu,lebih baik menggunakan jasa bengkel las agar hasil pengerjaannya jadi lebih bagus dan sempurna.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar