Skip to main content

Ukuran Tiang Bendera Merah Putih.

Filosofi dan Ketentuan Ukuran Tiang Bendera Merah Putih.

Mendengar istilah bendera merah putih pasti sudah familiar, namun bagaimana dengan ukuran tiang bendera Merah Putih? Apakah semua orang mengetahuinya?

Mengenal Filososofi Bendera Merah Putih.
Setiap negara tentu memiliki bendera sebagai sebuah lambang kemerdekaan. Tanpa terkecuali dengan negara kita Indonesia ini, dimana bendera Merah Putih merupakan suatu tanda kehormatan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Mengenai bendera Merah Putih itu sendiri juga diatur dalam peraturan pemerintah dan juga Undang – undang Dasar 1945.
Tahukah Anda bahwa ternyata adanya bendera Merah Putih ini memiliki cerita atau perjalanan sejarah yang luar biasa. Meskipun hanya sebatas warna namun siapa sangka bahwa ternyata pemilihan warna merah dan putih ini mengandung filosofi dan arti yang sangat mendalam, baik pada jaman dahulu maupun sekarang.
Masyarakat Indonesia pada jaman dahulu menggambarkan kehidupan layaknya bulan dan bintang dimana keduanya saling melengkapi hingga membuat kehidupan menjadi sempurna. Matahari dilambangkan sebagai warna merah sedangkan bulan digambarkan dengan warna putih. Ada arti lain yang menjelaskan bahwa warna merah ini sama halnya dengan darah manusia. Sedangkan putih merupakan warna tumbuhan. Jika keduanya digabungkan maka akan melambangkan sebuah kehidupan yang agung, jaya dan makmur.

Filosofi mengenai bendera Merah Putih ini bahkan sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit hingga masa Belanda menduduki Indonesia pun bendera Merah Putih inilah yang menjadi simbol kekuasaan, kehormatan, kedaulatan dan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemudian negara mengatakan bahwa merah merupakan lambang keberanian dan putih adalah kesucian jiwa. Sehingga keduanya menggambarkan tujuan dan identitas bangsa Indonesia.
  • Bendera Merah Putih Wajib Dikibarkan.
Sebelum membahas mengenai ukuran tiang bendera Merah Putih, sebaiknya Anda perlu tahu bahwa biasanya bendera Merah Putih ini dikibarkan dengan tiang berbahan stainless. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang mencari tahu tentang tempat yang jual tiang bendera stainless ini. Namun sebelumnya Anda wajib tahu bahwa ternyata ada ketentuan mengenai bendera kebanggaan bangsa Indonesia ini.


Baca juga : Pemasangan Tiang Bendera Stainless di Senayan Residence.
  • Bendera Merah Putih Wajib Dikibarkan Di Beberapa Tempat.
Bendera Merah Putih hukumnya wajib dikibarkan setiap hari terutama di beberapa tempat seperti di Istana Presiden, di Gedung Lembaga (negara, pemerintah, pemerintah daerah, dewan perwakilan daerah, perwakilan kedubes RI diluar negeri), di rumah Presiden dan Wapres, menteri, gubernur, bupati, walikota, camat serta pos perbatasan wilayah NKRI, lingkungan TNI dan Polri maupun Taman Makan Pahlawan.
  • Bendera Merah Putih Bisa Dijadikan Sebagai Penutup Peti Jenazah.
Terdapat beberapa orang seperti presiden, wakil presiden, mantan presiden dan mantan wakil presiden, menteri dan berbagai pejabat pemerintah lain yang boleh menggunakan bendera Merah Putih sebagai penutup peti jenazah.
  • Bendera Merah Putih Hanya Dikibarkan Siang Hari.
Bendera Merah Putih adalah lambang kehormatan bangsa Indonesia sehingga harus diperlakukan dengan baik. Ada ketentuan yang mengatakan bahwa bendera Merah Putih sebaiknya hanya dikibarkan siang hari saja. Kemudian setelah matahari terbenam bendera bisa diturunkan.
Namun tentunya saja setiap bendera yang dipasang di berbagai tempat di atas haruslah sesuai karena ukuran tiang bendera Merah Putih setiap tempat memang berbeda dan ada ketentuannya sendiri.


Baca juga : Tips menentukan ukuran tiang bendera.

Untuk Anda yang membutuhkan Tiang Bendera Stainless yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa langsung memesannya pada Bengkel Kembar Teknik. Bengkel Kembar Teknik melayani jasa pembuatan tiang bendera stainless kustom. Jadi Anda bisa mendapatkan tiang bendera yang sesuai dengan kbutuhan Anda karena Anda bisa menentukan ukura dari tinggi tiang bendera itu sendiri.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar