Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Dari Hijab Masjid - Mengenali Apa Itu Hijab Masjid Atau Mushola

Meskipun sudah sering mendengarnya, namun banyak yang belum tahu dan paham pengertian dari hijab masjid apalagi manfaatnya. Sebagian besar hanya tahu bahwa hijab adalah penutup kepala dan rambut yang sering dipakai oleh kalangan muslim terutama yang berjenis kelamin perempuan atau biasa disebut kaum muslimah.

Sedangkan hijab masjid adalah sebuah perabot khusus yang dipakai untuk memisahkan atan menyekat ruangan dalam masjid. Pada zaman dahulu,  perabot ini lebih sering dinamakan  sebagai partisi atau penyekat ruangan. Namun karena digunakan diruang masjid, maka namanya disebut hijab masjid.


Adapun fungsi utama dari hijab masjid atau penyekat ruangan adalah untuk memisahkan antara  ruang yang dipakai untuk beribadah kaum pria dan perempuan. Sebagaimana diketahui, kegiatan ibadah khususnya sholat harus dipisah antara pria dan wanita.

Tidak hanya ketika menjalankan sholat saja, kegiatan keagamaan lainya juga harus selalu dipisah. Misalnya kegiatan pengajian atau tadarus Al-Qur'an dan lain sebagainya. Pria dan wanita tidak boleh berkunpul dalam satu ruangan apalagi berdekatan. Berdasarkan hal inilah kemudian setiap masjid selalu membutuhkan partisi atau penyekat ruangan.

Baca juga : Tips Membuat Hijab Masjid Agar Terlihat Indah.

Mengapa harus memilih hijab masjid untuk memisah dan membagi ruangan?  Alasan utamanya adalah perabot ini bersifat portabel  atau dapat dipindah-pindahkan dari satu sisi ke sisi yang lain.  Sehingga pemakaianya dapat selalu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Tidak hanya berfungsi sebagai penyekat ruang untuk tempat ibadah pria dan wanita saja.  hijab masjid juga dapat digunakan untuk keperluan lainya, contohnya antara lain yaitu untuk memisah ruang ibadah dan ruang administrasi atau kantor masjid,toilet dan sebagainya.

Apabila ingin mendapatkan hijab masjid yang terbaik, sebaiknya menggunakan hijab masjid yang terbuat dari logam stainless steel. Saat ini sudah banyak sekali bengkel las yang selalu siap membuatkan desain dan hasilnya selalu terlihat lebih cantik dan indah, salah satunya adalah bengkel las KEMBAR TEKHNIK.
Bengkel las kembar tekhnik adalah salah satu bengkel yang bergerak di bidang jasa pengadaan barang atau produksi, salah satunya adalah memproduksi hijab masjid dari bahan stainless steel dengan harga yang terjangku.

Hijab masjid stainless selalu terlihat lebih mewah dan elegan desainya. Selain itu perawatanya juga sangat mudah dilakukan dan hijab dari bahan stainless juga tidak akan berkarat. Hijab masjid dari material stainless juga sangat pas jika dikombinasikan dengan material lain khususnya kain gorden.

Jadi nantinya,  hijab masjid dari bahan stainless tersebut hanya berfungsi sebagai kerangkanya saja.  Sedangkan kainya, berperan sebagai penutup utama dalam hijab masjid tersebut dan pemilihan warna kainya bisa disesuaikan dengan warna ruangan masjid atau sesuai selera masing masing.
Demikian sedikit penjelasan tentang hijab masjid dan fungsinya. Intinya hijab masjid dari bahan logam stainless menjadi pilihan yang tepat jika ingin membuat hijab masjid.

Baca juga : Pemasangan Hijab Masjid di Pemda Cibinong.

Pemasangan Hijab Masjid di Masjid Al-Mukhlisin Sawangan Regensi Depok.

Pengiriman Hijab Masjid di Gedung Sopo Del Tower Kuningan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar