Skip to main content

Jenis dan Tips Memilih Pembatas Ruangan / Hijab Masjid

Pembatas ruangan masjid atau yang juga sering disebut dengan Hijab Masjid merupakan sekat ruangan yang ditempatkan di dalam masjid. Fungsi utama dari kehadiran pembatas ruangan / hijab masjid ini adalah sebagai pembatas yang memisahkan antara jamaah laki-laki dengan jamaah perempuan. Kini pembatas tersebut telah hadir dalam berbagai macam ukuran dan bentuk yang juga turut menambah keindahan interior masjid.


Lihat juga : Pemasangan Hijab Masjid Stainless di Masjid Al-Mukhlisin Sawangan Regensi Depok.

Jenis-jenis Pembatas Ruangan Masjid.
  • Kayu
Ini adalah bahan pembatas ruang masjid yang paling lama digunakan. Sebelum trend pembatas dari bahan besi dan stainless, kebanyakan masjid menggunakan pembatas dari bahan kayu. Ada yang murni hanya dari bahan kayu, ada pula yang dikombinasikan dengan rotan sehingga pembatas tidak terlalu berat.
  • Stainless Steel
Seiring dengan kemajuan teknologi dan jaman, pembatas masjid dari bahan stainless steel semakin banyak diminati oleh masyarakat. Bahan yang satu ini menawarkan banyak keunggulan, diantaranya adalah tidak perlu dicat dan tidak akan mengalami karatan atau korosi sehingga perawatannya jadi lebih mudah. Selain itu, bahan stainless steel juga sangat tahan lama karena dapat digunakan selama bertahun – tahun.

Tips Memilih Pembatas Ruang Masjid

Beli Siap Pakai atau Custom.
Saat ini sudah ada banyak jasa yang menyediakan pembatas ruangan / hijab masjid dalam berbagai ukuran dan model. Tidak sedikit merupakan produk yang siap pakai sehingga ketika Anda membelinya, Anda tinggal memasangnya di masjid. Namun kekurangan dari model siap pakai ini adalah ukurannya belum tentu pas dengan interior masjid. Untuk alternatif lainnya, Anda dapat memesan pembatas masjid model kustom, dimana ukuran dan desain pembatas dapat disesuaikan dengan keinginan Anda atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan masjid.

Menentukan Ukuran Pembatas

Setiap masjid menggunakan ukuran pembatas yang standar dan biasa digunakan adalah tinggi 160 cm dan lebar 2 meter. Namun Anda juga dapat menentukan ukuran lainnya sesuai kebutuhan.


Menentukan Kombinasi Bahan

Ketika membuat pembatas masjid, Anda dapat membuat pembatas berupa kerangka tiang yang dilengkapi dengan tirai untuk menutup bagian pembatas atau memesan pembatas yang sudah dilengkapi dengan penutup. Jenis penutup yang saat ini banyak digunakan adalah kain gorden dengan berbagai motif dan warna. Tentunya, pembatas dengan bahan kombinasi kain gorden ini akan lebih mahal dibandingkan pembatas ruang sederhana yang berupa tiang saja. Untuk informasi lengkap mengenai harga hijab masjid silakan klik disini.

Jika Anda berminat untuk memiliki Hijab Masjid stainless dengan ukuran kustom, Anda bisa memesannya pada Bengkel Kembar Teknik. Bengkel Kembar Teknik menyediakan jasa layanan yang dapat membantu Anda menyediakan pembatas ruangan / hijab masjid dalam berbagai ukuran dan desain. Dengan pengalaman selama bertahun – tahun, layanan ini telah membuat berbagai macam model pembatas ruang masjid. Bahan yang digunakan untuk pembuatan shaf masjid tersebut merupakan bahan berkualitas terbaik. Selain itu, harga yang diberikan juga sangat kompetitif dan sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan. Jika Anda bingung dalam memilih model, Anda dapat melihat contoh-contoh portofolio dari perusahaan ini yang dapat menjadi referensi Anda.

Lihat Juga Produk Yang Lain Dari Bengkel Kembar Teknik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar