Skip to main content

5 Tips Hemat Biaya Pembuatan Sekat Ruangan

Banyak dari Anda tentu akan mulai memikiran biaya pembuatan sekat ruangan ketika menyadari bahwa Anda membutuhkan ruangan lebih di rumah Anda. Banyak model rumah minimalis saat ini memiliki sedikit saja ruangan yang khusus untuk suatu kegiatan saja. Misalnya saja ruang tamu dan ruang keluarga berada pada satu ruangan yang sama. Atau Anda membutuhkan tambahan ruang kerja, sementara seluruh ruangan sudah digunakan. Tentu saja Anda butuh menambah ruangan yang berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk hal ini. Berikut ini tips agar Anda bisa menghemat biaya membuat sekat ruangan :


Lihat juga : Penyekat ruangan khusus untuk masjid/mushola.

  • Pastikan Lokasi Dan Ukuran.
Yang pertama harus Anda pastikan adalah di mana Anda akan membuat sekat ruangan. Perhitungan pembagian dan ukuran ruangan yang akan Anda bagi. Pada tahap ini, pastikan setiap ruangan bisa digunakan dengan tepat tanpa mengurangi fungsinya. Panjang dan lebar sekat ruangan juga perlu diperhitungkan agar tidak mengganggu akses jalan menuju masing-masing ruangan. Jadi Anda harus memperhitungkannya dengan benar.
  • Pilih Jenis Bahan Partisi Temporer
Setelah Anda memastikan langkah pertama, selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan bahan apa yang akan Anda gunakan. Untuk meminimalisir biaya, pertimbangkan untuk membuat partisi temporer. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan murah seperti papan multiplex, palet kayu, dahan kering, pipa PVC, maupun tirai pembatas ruangan minimalis. Model partisi temporer ini tidak hanya murah, namun juga cepat dikerjakan sebab tidak perlu membongkar dan membuat pondasi baru bagi ruangan tersebut.
  • Buat Desain Yang Pasti.
Jika Anda sudah yakin dengan ukuran dan bahan pembuatan yang Anda sukai, selanjutnya buatlah desain untuk partisi Anda. Dalam proses ini, pertimbangkan juga gaya dari bangunan ruangan yang telah ada sehingga partisi yang Anda buat nantinya akan menyatu dengan ruangan. Pembuatan desain ini juga membuat Anda tidak banyak merubah target awal dan rencana biaya pembuatan sekat ruangan  yang akan Anda buat nantinya.
  • Manfaatkan Barang Bekas.
Jika Anda ingin menambahkan hiasan, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang mudah ditemukan tanpa harus membeli barang baru. Gelas-gelas styrofoam, kusen pintu bekas, atau potongan pipa bekas bisa Anda susun dan bentuk menjadi hiasan partisi yang unik dan menarik. Sesuaikan penataan dan pewarnaan dengan gaya ruangan yang Anda butuhkan. Selain menjadi hiasan, barang-barang bekas ini juga bisa Anda fungsikan untuk hal lain seperti rak serbaguna atau etalase pajangan.
  • Kerjakan Sendiri.
Pembuatan sekat ruangan temporer cenderung lebih mudah dan cepat, sehingga Anda bisa mengerjakannya sendiri. Tanpa membuat pondasi dan menggali lantai ruangan Anda, pekerjaan ini bukanlah hal yang memberatkan Anda. Selain itu Anda juga bisa berkreasi dengan imajinasi Anda sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar tenaga pengerjaannya. Dengan pilihan ini Anda bisa meminimalisir biaya pembuatan sekat ruangan.

Namun, apabila Anda masih bingung dengan desain sekat ruangan yang akan Anda buat, atau mungkin Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengerjakannya, Anda bisa memesannya pada penyedia jasa layanan pembuatan sekat ruangan. Separti Bengkel Kembar Teknik yang menyediakan jasa layanan pembuatan sekat ruangan dari bahan besi ataupun stainless berkualitas. Anda tinggal menentukan desain, ukuran dan bahan pembuatnya, kemudian Bengkel Kembar Teknik akan membuatkannya untuk Anda secara professional. Pastikan Anda mendapatkan penyekat ruangan yang sesuai keinginan ataupun kebutuhan dengan Anda memesannya secara custom di Bengkel Kembar Teknik.

Lihat Juga Produk Yang Lain Dari Bengkel Kembar Teknik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar